oleh: Satriyo Ardi Kartono, S.H.
Pancasila, yg membuat Indonesia bersatu dengan keberagamannya. Para pejuang bangsa dengan susah payahnya memerdekakan bangsa Indonesia dari segala penjajahan. Mereka bersatu tanpa melihat latar belakang suku, ras, bahasa dan agama. Ternyata perbedaan itulah yang membuat Indonesia merdeka.

Indonesia sudah merdeka sejak tahun 1945. Namun, belum benar-benar merdeka. Dahulu, para pejuang melawan penjajah secara nyata (fisik). Namun, saat ini musuh Indonesia adalah warga negaranya sendiri yang mementingkan diri dan kelompoknya. Mereka menguras kekayaan alam Indonesia dengan menjual kepada bangsa lain tanpa memperhatikan masyarakat dan lingkungan.
Saat ini, Pancasila hanya dijadikan hafalan biasa. Nilai nilai pancasila tak diterapkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Persatuan bangsa semakin memudar. Banyak terjadi pemberitaan di media online bahkan media massa yang belum tentu kebenarannya (hoax) lalu diterima mentah mentah oleh pembacanya, semakin terpecah belah bangsa kita. Mereka tak ingat perjuangan para pejuang bangsa dalam memerdekakan bangsa yang membuat perbedaan menjadi persatuan yang kuat.
Jika saja Pancasila tidak hanya dihafalkan, namun juga diterapkan, maka nilai nilai Ketuhanan akan melekat di antara masyarakat sebagaimana yang di amanatkan sila pertama ‘Ketuhanan Yang Maha Esa’. Jika pancasila diterapkan, maka akan terjadi kerukunan di antara masyarakat karena memperlakukan manusia dengan beradab sebagaimana yang di amanatkan sila kedua ‘Kemanusiaan yang adil dan beradab. Jika pancasila diterapkan, maka tak ada lagi perpecahan bangsa, semua akan melihat keanekaragaman ini sebagai persatuan bangsa yang kuat sebagaimana sila ketiga ‘Persatuan Indonesia’.
Jika pancasila diterapkan, maka nilai nilai musyawarah dan perdamaian di antara masyarakat akan kuat, perbedaan pandangan dapat diselesaikan dengan baik melalui musyawarah dan perdamaian sebagaimana sila keempat ‘kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan’. Dan jika Pancasila diterapkan, maka keadilan dapat diterapkan dengan baik dengan memandang keadilan sosial lah  yang didahulukan daripada keadilan individu sebagaimana yang di amanatkan sila kelima ‘keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia’.
Saya yakin, Pancasila masih relevan untuk bangsa kita karena nilai nilai yang terkandung di dalamnya yang membuat bangsa ini semakin bersatu, berdaulat, adil dan makmur.
Kita Indonesia, Kita Pancasila.
Selamat Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2017.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.